Skip to main content

Pengalaman Berharga dari Kementerian Keuangan RI


Disuatu siang, saya ditelpon oleh Randiano Tamelan yang mengajak saya mengikuti sebuah kegiatan dari Kementerian Keuangan RI yang memberikan banyak pengalaman tak terlupakan J

Singkat cerita, saya dan Randy pun berangkat ke Jakarta pada tanggal 11 April. Perjalanan tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian Keuangan bagian Badan Kebijakan Fiskal mulai dari biaya dari Malang ke Juanda hingga ke hotel tempat menginap dan tempat pembekalan dilaksanakan.

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) akan mengeluarkan kebijakan sehubungan dengan terjadinya perlambatan ekonomi global saat ini terhadap Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah (UMKM)
Untuk mengeluarkan kebijakan tersebut maka diadakan survey untuk mengetahui dampak dan persepsi UMKM terhadap perlambatan ekonomi
Survey diadakan dibeberapa kota di pulau Jawa dengan alasan sudah dapat mewakili UMKM yang ada diseluruh Indonesia

Dalam kegiatan tersebut, saya adalah sebagai mitra pencacah (surveyor) yang mewakili Malang dan Randy mewakili Surabaya
Kegiatan di Jakarta pada tanggal 12 April 2012 adalah pembekalan survey tersebut sedangkan kegiatan utama adalah di daerah.

Pembekalan tersebut diikuti oleh dosen, banker, pengusaha dan ada seorang dosen yang sudah bergelar Doktor. Yang berstatus mahasiswa hanyalah saya dan Randy. Hal ini dikarenakan ini adalah kegiatan mendadak sehingga BKF sendiri tidak terlalu mempertimbangkan status pekerjaan, yang mau dan percaya langsung dibookingkan tiket dan berangkat. It sounds fun, doesn’t it? ;)

Berbekal kepercayaan diri, kepercayaan pada Pak Adrianus S. yang kami sebut Bapak Asuh dan tanda tanya yang besar karena kami belum tau dengan jelas akan kegiatan ini, kami pun terbang ke Jakarta dengan Garuda Indonesia. Pertama kalinya saya naik Garuda Indonesia dan pertama kalinya naik pesawat dibayar dan yang membayar adalah Kementerian Keuangan :D

Setibanya di Jakarta kami pun berpetualang dengan TransJakarta atas arahan bapak asuh dan tiba di Hotel Lumire dengan selamat. Dihotel bintang 4 ini, kami menghabiskan 2 malam 3 hari yang sangaaaaat menyenangkan. Pertama kalinya saya menginap dihotel mewah dan dibayar dan lagi-lagi oleh Kementerian Keuangan :D Saya sangat menikmati setiap detiknya.

Tiba hari pembekalan, kami sangat canggung. Peserta lain adalah mereka yang sudah sangat berpengalaman dalam hal survey. Saya hanya mengajukan sebuah pertanyaan selebihnya hanya mengamati dengan baik.
Selesai pembekalan, kami diberikan uang untuk pelaksanaan survey yang dihitung per UMKM. Kami pun kembali ke kamar dengan gundah gulana, khawatir tidak dapat melaksanakan survey dengan baik

Tiba-tiba ditelepon dan disuruh turun ketempat pertemuan tadi untuk mengambil uang. Uang? Ya uang lagi. Saya sempat tidak percaya tapi tetap turun ;p Merekapun memberikan uang yang disebut uang perjalanan dinas (If I’m not mistaken) sejumlah 2bulan uang bulanan saya tapi sudah dipotong uang pesawat PP.

Kami kembali ke kamar dengan riang, bingung dan tidak percaya. Ini adalah penghasilan pertama saya. Dear God, I’m so thankful! Tidak membutuhkan waktu lama untuk menghabiskan uang bulanan bagi saya tapi tidak dengan uang ini. Saya bingung harus diapakan haha. Malamnya ketika papa telepon pun saya masih bilang kalau saya bingung dengan uang ini hahaha.

Kami masih menghabiskan beberapa hari di Jakarta, bersenang-senang di Ancol dan menonton Indonesian Idol 2012 live setelah perjuangan panjang dan melelahkan naik transjakarta yang padat hingga otak saya tidak mampu berpikir normal beberapa saat.

Kembali ke Malang, puji Tuhan survey saya berjalan lancar dengan dibantu teman saya Febriani Restuningtyas. Gomawooo Feb, senang bekerja sama dengan anda haha. Survey ini membuat saya berangkat pagi pulang malam, berpetualang di Batu sendirian naik ojek haha (thank you bapak ojek, God bless you!)

Dari kegiatan tersebut, ada sertifikat yang sangat berguna dimasa depan J

For that priceless experience, I wanna say Thank You my Lord for the chance, for Your guidance, for Your blessing, for Your everlasting love. Thank you, Rhandiano Tamelan dan his lecturer, Bu Retno, May God bless your life and family. Thank you, Bapak Asuh for your patience and trust, God bless your life and your family. Thank you dad for always making me sure that I can through it all, thank you mom for your prayer, God bless you, I love you both!

Comments

Post a Comment