Skip to main content

Membuat Penilaian

Hari ini membahagiakan sekaligus menyentuh karena sebuah momen penting dalam hidup
Orang-orang terdekat memberi selamat dan menurut seorang teman, saya hari ini menjadi trending topic karena pencapaian ini
Sejujurnya, disamping bahagia, bangga dan lega masih ada beban lain jikalau saya tidak bisa menjalani ini dengan maksimal
Tapi saya mencoba untuk percaya diri
Seperti kata seorang teman bahwa sekarang ini saatnya saya menikmati hasil kerja keras
Apakah saya memang bekerja keras?
Jika kebetulan membaca tulisan sebelum ini mungkin akan tahu sedikit bagaimana kehidupan saya dibulan November ini
Akhirnya hari ini saya memetik hasilnya menjadi the one and only dikelas saya (begitu kata seorang teman bersuara merdu) yang tesisnya di-acc
Saya mencoba menempatkan posisi saya pada orang-orang yang memberi selamat
Mereka semua bilang beban saya berkurang, tidak terlalu stress lagi dan sebagainya
Mereka menilai apa yang kelihatan namun tidak semua tahu bagaimana perjuangan saya
Saya teringat seorang sepupu yang dimata saya adalah seorang wanita karir yang dewasa, matang, mandiri dan Ibu yang baik
Sepupu ini selalu berkata bahwa kehidupan yang dimiliki sekarang bukan secara tiba-tiba tapi dibangun dengan berdoa dan kerja keras
She is so inspiring!
Saya kembali menempatkan diri pada posisi saya sebagai seorang yang memiliki beberapa orang yang saya kenal yang kehidupannya saya sukai
Mungkin mereka juga meraihnya penuh kerja keras tapi yang saya lihat hanya yang kelihatan yaitu ketika sudah mencapai puncak tanpa melihat bagaimana proses mereka mendaki
Saya menulis ini bukan untuk menyombongkan diri
Saya menulis sebagai pengingat agar dimasa depan ketika saya berada dalam kesulitan saya mengingat dan melakukan sikap ini
Terima kasih
I am grateful.


Esti Tanaem
Yogyakarta, 24 November 2014

Comments