Skip to main content

Menjaga Jarak

Memasuki usia 20an, saya menyadari bahwa di dunia ini ada beberapa hal yang tidak dapat dihindari.
Ketidakdapatan ini disebabkan ikatan yang cukup kuat.
Agama dan budaya memiliki pengaruh dalam kuatnya ikatan ini.
Untuk alasan pribadi, saya tidak dapat menjelaskan contoh hal-hal yang tidak dapat dihindari tersebut.
Lagipula, ini mudah ditebak sepertinya.
Namun dapat saya katakan bahwa hal ini berkaitan dengan hubungan.
Kembali ke pengalaman saya, hubungan yang tidak dapat dihindari ini cukup mengganggu.
Interaksi saya tidak leluasa.
Jika dapat, saya ingin sekali berlari daripadanya. Tapi tidak mungkin.
Saya pun memikirkan dan mendapatkan sebuah solusi: menjaga jarak!
Menjaga jarak dari hal yang tidak dapat dihindari.
Hingga saat ini, saya belum menemukan solusi lain yang lebih baik.
Menjaga jarak ini menurut saya membawa keuntungan bagi saya dan bagi pihak lain tidak membawa kerugian.
Cukup adil saya rasa.
Semoga.
Lalu, bagaimana dengan hal tidak nyaman lainnya yang belum memiliki ikatan yang kuat?
Mumpung belum mengikat, mumpung masih dapat, hindari saja.
Ah, ini hanya keinginan sebagian hati saya saja.
Bagian lain mengatakan jangan.



Esti Tanaem
Soe, 29 Maret 2015

Comments