Skip to main content

The First Seven Month in Maumere

Kota kesekian di Indonesia yang saya kunjungi sekaligus tempati selama kurang lebih 2 tahun adalah Maumere.
Jika mengikuti cerita saya sebelumnya (hehe), saya diterima disebuah International Non-Governmental Organization (INGO) atau yang biasa kita kenal dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Singkat cerita, saya ditempatkan di Area Development Program Sikka yang mana berkantor di ibu kota Kabupaten Sikka yaitu Maumere.
Penempatan ini cukup menjawab keinginan saya untuk pulang setelah bertahun-tahun belajar di Jawa. Kenapa cukup? Karena sejatinya saya ingin kembali ke Timor namun ternyata masih dikasih kesempatan untuk belajar diwilayah lain.
Tanggal 6 September 2016 saya mendarat dengan selamat di Bandara Frans Seda Maumere. Hal pertama yang dilakukan tentunya selfie di bandara dan mengupload ke instagram.
Saya berproses untuk mengenal tempat-tempat, mengingat jalan ke kantor, tahu dimana gereja, dimana tempat membeli makan, membeli segala keperluan, dimana ATM dsb.
Akhirnya tibalah pada hari ini, beberapa hari menjelang bulan ke 7 tinggal di Maumere.

Selama disini, saya menganggap saya sedang berlibur sambil bekerja. Alam Flores sangat indah!
Selain mengunjungi desa-desa layanan kami, walau belum semuanya, saya mengunjungi berbagai tempat menarik di Maumere.
1.      Wailiti Beach Hotel. Ini bagai rumah kedua kami yang sering mengadakan event disini. Sunrise sangat bagus dimusim panas.
2.      Ratushin Restaurant. Cukup indah jika ingin menikmati obrolan bersama teman-teman sambil mendengar deburan ombak.
3.      Coconut Beach Garden. Recommended place in Maumere! Tempat yang sangat indah dan natural.
4.      Tanjung Seribu Tangga. Patung Salib dibukit 1000 tangga yang menjorok kelautan. Pecinta sunset? It’s a must visit place to catch a beautiful sunset.
5.      Pangabatang Island. Pantai pasir putih dengan air yang tenang ditempuh dengan perahu sekitar 45 menit.
6.      Danau Kelimutu. Danau 3 warna ini sungguh mempesona. Terletak di Kabupaten Ende namun letaknya lebih dekat ke Kabupaten Sikka
7.      Koka Beach. Pantai pasir putih yang sekaran ini sedang ramai-ramainya dikunjungi.
8.      Turap. Jejeran warung kopi di pantai yang menyenangkan untuk dikunjungi dimalam hari.
9.      Gereja Tua Sikka. Terletak di Desa Sikka, salah satu desa layanan kami. Gereja Tua ini merupakan gereja Katolik paling tua di Flores.
10.  Patung Bunda Maria. Terletak di Nilo. Bisa melihat kota Maumere dari Patung yang ada Kapel ini. Pernah sekali ikut Misa disini bersama teman-teman yang beragama Katolik. Suasananya saya tenang untuk berdoa. Btw, Kapel ini tempat yang indah untuk menikah.

Selain Maumere, saya juga mengunjungi beberapa kota lain di Pulau Flores ini. Mengunjungi Ende, Nagekeo dan Ngada. Pergi melewati jalur utara dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Pulang melewati pantai jalur selatan yang berkelok-kelok. Di Ende, saya mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno dan Patung Bung Karno di Taman yang mana beliau menemukan nilai-nilai filsafah Pancasila ketika sedang merenung disana. Di Ngada, sempat mengunjungi Pemandian Air Panas So’a. Kemudian mengunjungi Seminari Mataloko yang bangunan klasiknya sungguh menarik. Rumah Ret-reat Mataloko juga menarik untuk dikunjungi. Dalam perjalanan menuju Maumere, saya juga berfoto dengan sebuah batu besar yang konon merupakan tanda titik tengah Pulau Flores.

Saya tidak sempat mengupload foto-foto di tulisan ini. Jika ingin tahu bagaimana rupa tempat-tempat yang saya tulis diatas,  bisa mengunjungi instagram saya @estitanaem ;)

Kehidupan disini so far so good. Tidak betah, tapi bisa bertahan.
Kota Maumere bisa dikatakan ramai jika dibandingkan kota-kota lain di Pulau Flores yang indah ini.
Perekonomian bisa dikatakan baik dilihat dari ketersediaan apotek-apotek ternama, swalayan, dan sebuah department store kecil. Beberapa hotel berbintang ada disini dan selalu ramai.

Semoga meninggalkan jejak yang baik disini.


Esti Tanaem
Maumere, 04 Maret 2016

Comments

  1. Ya ampun, su tujuh bulan ee Est. Walau son betah semoga bisa menikmati hari2 disana. Semangat :)

    ReplyDelete
  2. Iya jenkkk. Time flies! Nik ju semangat disana ee. Semoga kita cepat ketemu hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment