Skip to main content

HPAIR Asia Conference in Singapore 2010 (Part I)


Dengan alasan ingin mengabadikan segala momen berharga dalam hidup maka saya ingin mengingat kembali pengalaman ± 3 tahun lalu yang sangat berharga ini dan menuangkannya dalam bentuk tulisan karena dalam bentuk foto sudah terlalu banyak :D
Langsung saja, Harvard Project for Asia and International Relations (HPAIR) adalah sebuah proyek yang diadakan oleh mahasiswa Asia yang mengenyam pendidikan di Harvard University
Proyek ini berbentuk konferensi internasional yang dalam setahun diadakan di dua tempat yakni di Amerika dan di Asia.
Tempatnya berpindah-pindah tergantung universitas dari negara mana yang melakukan dan memenangkan bidding.
Saya berkesempatan mengikuti acara ini pada tahun 2010 yang pada waktu itu akan diadakan di Cina tapi kemudian berganti tempat di Singapura.
Pergantian negara tidak menjadi masalah karena sudah terlalu excited.
Untuk mengikuti acara ini dilakukan pendaftaran secara online tanpa keterlibatan pihak kampus kecuali ingin minta sumbangan dana karena acara ini menggunakan dana pribadi.
Karena itu, saya sangat beryukur dan berterima kasih pada papa dan mama atas pengertian dan atas dukungan finansialnya.
Acara ini sangat bermanfaat walau terbilang mahal sehingga saya tidak dapat berhenti untuk bersyukur akan kesempatan ini.
Acara ini berlangsung tanggal 20-24 Agustus 2010.
Saya sudah mempersiapkannya sejak bulan Maret 2010 untuk early application round demi mendapatkan biaya registrasi yang lebih murah.
Selain itu juga persiapan dokumen seperti passport.
Untuk dapat diterima maka applicant diminta membuat essay sesuai dengan (semacam) peminatan yang pada waktu itu saya memilih Environment.
Saya sudah mengirim aplikasi sebelum deadline namun entah mengapa pengumuman tak kunjung datang padahal teman-teman saya yang mengikuti regular (or late) application round sudah mendapat pengumuman dan sudah membayar biaya administrasi.
Sayapun kalang kabut karena waktu itu sudah membeli tiket promo oleh Air Asia tercinta haha sebesar IDR 750.000 return! ;) Murah sih, tapi kalau tidak jadi berangkat kan sayang.
Singkat cerita, setelah saya mengirim email ternyata dijawab dengan saya sudah lulus dan tinggal bayar.
Entah email penerimaan itu nyasar kemana.
Bayar pun penuh dengan drama!
Ceritanya karena tidak mempunyai credit card, sayapun membayar lewat transfer bank.
Teman saya juga begitu tapi dia lancar jaya pengirimannya.
Akhirnya, selama beberapa minggu saya tiap hari berurusan dengan email dan bank.
Kebetulan saya mengirim lewat kantor cabang sehingga mereka harus mengecek ke kantor pusat dulu.
Saya sampai dihadapkan pada kepala kantor cabang itu karena dari pihak HPAIR meminta semacam kode yang saya lupa apa namanya namun yang diberikan bank bukan itu yang dimaksud sehingga uang saya tidak dapat dilacak.
OMG, itu uang bukan ratusan ribu tapi jutaan.
Tiap hari saya berjuang ke Bank dan yang memalukan ketika bertemu sang kepala Bank itu saya menangis hahaha.
Beliau berjanji akan segera pergi ke kantor pusat untuk meluruskan masalah ini karena berdasarkan catatan bank, uang sudah terkirim namun buktinya yang dimaksud bank penerima lah yang tidak dapat ditemukan oleh kantor cabang.
Akhirnya masalah pembayaran beres tapi karena termasuk telat maka saya tidak tercantum dalam buku alumni delegasi L
Buku itu tidak didapatkan secara gratis jadi karena tidak ada foto saya jadinya tidak saya beli hehe.
Malam ini, ketika saya menuliskan cerita ini, saya berpikir bahwa Tuhan selalu ingin saya bekerja keras dan berusaha.
Dalam hal ini, karena bisa berangkat tanpa ada kendala biaya (thank you very much, mom and dad J), saya diajarkan untuk bekerja keras dan berjuang pada hal yang lain.
Lega dan bahagia ketika melewatinya.
Yay, tibalah waktu untuk berangkat.
Kami berangkat dari Bali. Sungguh membahagiakan.
Dari Malang, kami (Esti, Fay, Febry) naik bisa tanggal 17 Agustus, sampai Bali 18 Agustus.
Menikmati Bali sehari lalu besoknya tanggal 19 Agustus terbang ke Singapura.
Begitu mendarat di Singapura rasanya sangat bahagia.
Itu adalah pertama kalinya pergi ke luar negeri :D

[Continued to Part II]

Comments