Skip to main content

HPAIR Singapore 2010: About the Conference (Part III)


Konferensi yang terdiri dari 5 hari ini menyenangkan dan menambah ilmu.
Hari pertama tanggal 20 Agustus 2010 itu diisi dengan pre-conference tour, registration dan opening ceremony.
Pada saat registrasi sambil berkenalan dengan delegasi dari Indonesia dan juga negara lainnya.
Ada beberapa pilihan untuk tour dan kami memilih untuk ke Sentosa Island.
Menuju kesana menggunakan bis yang sudah disediakan panitia yang katanya jaraknya 20 Km tapi sungguh cepat perjalanannya karena tanpa macet.
Dalam perjalanan kesana terlihat kendaraan berat yang mengeruk pasir untuk memperlebar pulau.
Di Sentosa Island, kami berkunjung ke Patung Merlion yang sangat besar. Didalamnya terdapat 3 lantai dan ada lift. Juga berkunjung ke Images of Singapore yang didalamnya terdapat pemutaran film mengenai 4 tokoh pendiri Singapura. Lalu mengunjungi beberapa tempat lainnya.
Ketika menuju bis, seorang delegasi dari China bertanya bahwa dia heran mengapa saya dan Febri berasal dari 1 negara tapi rambut saya keriting sedangkan rambut Febri sangat lurus haha. Lalu saya menjelaskan bahwa saya merepresentasi Indonesia Timur yang rata-rata berambut keriting dan Febri adalah representasi Indonesia Barat yang rata-rata berambut lurus ;)
Setelah itu kembali ke tempat acara untuk opening ceremony.
Konferensi diadakan di Suntec Singapore International Convention & Exhibition Centre.
Suntec ini terdiri dari beberapa gedung yang mewah sehingga sempat nyasar dihari pertama hehe.
Seminar dimulai pada hari ke 2 hingga hari ke 5. Ada cerita lucu ketika ngobrol-ngobrol sebelum seminar dimulai. Seorang delegasi dari Korea mengatakan kalau orang Indonesia sangat cantik, lalu merujuk ke saya dan berkata bahwa saya cantik dengan perpaduan wajah Beyonce Knowles dan Angelina Jolie. I have no idea what kinda face is that lol!
Pada hari 4 tidak ada seminar karena ada field trip dan malamnya we all went to the club ;)
Panitia menyewa The Butter Factory, a Hip Hop and Dance Club, untuk peserta HPAIR sebagai bagian dari acara.
Saya kagum dengan pemikiran ini karena selain belajar, mereka menyadari bahwa refreshing itu juga penting.
We dance a whole night. It was so fun.
Pada malam ketiga sesi terakhir ada International Performance Night dan delegasi dari Indonesia menampilkan Poco-Poco dan Angklung.
Delegasi dari India menampilkan sebuah tarian dan kereeeeen banget!
Setelah acara selesai banyak delegasi minta foto bersama termasuk saya.
Acara ini ditutup dengan Gala Dinner.
Makanannya lengkap mulai dari appetizer, main course dan dessert.
Saya tidak terlalu menikmati main course tapi appetizer dan dessert sungguh menggiurkan :9
Acara ini merupakan kerjasama dengan Singapore Management University (SMU). Dihari ke 3, seminar diadakan di SMU dan ruang kelasnya sangat bagus. Tatanan kursi dan meja adalah semacam di bioskop (dibelakang lebih tinggi dari didepan), bersih dan sangat nyaman.
SMU juga langsung terhubung dengan MRT Station.
Mereka adalah panitia pelaksana yang hebat, mampu melaksanakan konferensi internasional dengan baik.
Setelah Gala Dinner selesai, kami mengambil sertifikat.
Setelah itu sebelum pulang ke penginapan, kami mampir ke Marina Bay dan menikmati Singapura pada malam hari yang sepi.
Bis pun hanya beroperasi hingga jam tertentu jadi kalau sudah malam gunakanlah taxi.
Besok harinya kami pergi ke China Town, sedikit berbelanja lalu sorenya bersiap-siap untuk pulang ke Indonesia dengan night flight.
Karena ini bepergian pertama kali ke acara diluar negeri maka saya membawa terlalu banyak pakaian dan sepatu yang akhirnya tidak digunakan. Sekiranya ini bisa jadi pelajaran dikemudian hari supaya bawa yang dibutuhkan saja J
Tibalah saat untuk pulang dan saya ingat status yang saya update di Facebook waktu itu adalah I’m not ready to fly.
Suka pergi ke negeri orang dan mendapatkan pengalaman baru tapi saya tetap mencintai Indonesia.
Setelah melalui penerbangan yang lancar lalu mendarat dengan sempurna di Ngurah Rai.
Hallo again Indonesia!
Thank you, HPAIR for the most priceless experience I’ve ever had.
See you next time, Singapore!

[The End]

Comments